Cara Murah Bangun Rumah Sendiri



Cara Murah Bangun Rumah Sendiri.

Kamu punya tanah dan ingin bangun rumah sendiri tapi dana terbatas? Ga usah galau, kamu bisa kok bangun rumah sederhana namun terkesan modern dan megah. Namun, namanya bangun rumah pastinya tetap saja butuh dana yang cukup besar, bukan?

Berikut ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk membangun rumah bagus berkualitas dengan biaya terjangkau.

Bikin Rencana Pembangunan Rumah
Sebagai langkah awal, rencanakanlah pembangunan rumah. Mulai dari dana, ukuran bangunan, hingga target penyelesaiannya. Rencana ini nantinya berfungsi sebagai pengendali kemungkinan terjadinya penyimpangan selama proses pembangunan.

Jika implementasi pembangunan rumah melenceng dari rencana, tentu akan berimbas pada biaya yang harus dikeluarkan. Waktu pembangunan yang tak sesuai jadwal sudah pasti akan menambah biaya tukang. Maka itu, pilihlah tukang atau pemborong profesional yang benar-benar ahli dalam bidangnya, sehingga mampu mengerjakan pembangunan rumah sesuai rencana.

Pilih Desain Minimalis
Desain minimalis lebih efisien dalam penggunaan bahan bangunan, namun rumah bisa tetap terkesan modern dan mewah. Desain minimalis itu hemat ruang, sehingga tak banyak menghabiskan material bangunan. Untuk memperoleh desain rumah minimalis, kamu bisa mencarinya di internet. Jadi, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk pendesainnya atau sang arsitek.

Tentukan Bentuk Bangunan
Bentuk bangunan berpengaruh pada tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Rumah berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah dibangun dan lebih hemat biaya dibandingkan dengan rumah berbentuk segitiga atau yang bersudut lainnya.

Membentuk beberapa sudut atau lengkungan akan menyisakan banyak material bangunan. Selain itu, tingkat kesulitan pada bangunan bersudut atau lengkung juga lebih tinggi, sehingga berisiko pada bentuk bangunan yang kurang sempurna. Kalau mau dirombak, butuh lebih banyak waktu dan juga biaya.

Lakukan Riset Harga Material Bangunan
Harga material bangunan yang cenderung naik menjadi salah satu faktor yang harus kamu pertimbangkan. Agar kebutuhan dana untuk bahan bangunan bisa kamu perkirakan, maka lakukanlah riset tentang harganya. Jangn segan atau malu keluar-masuk toko-toko bangunan guna menanyakan harga material yang kamu butuhkan. Kamu bisa memilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga yang lebih murah.

Selektif Pilih Tukang Bangunan
Mengingat pentingnya peran tukang dalam membangun sebuah rumah, maka biaya untuk membayar jasanya perlu kamu siapkan. Selektiflah dalam memilih tukang. Pilihlah tukang yang benar-benar ahli di bidangnya dan memiliki reputasi kerja yang baik. Hal ini penting karena baik-tidaknya kinerja tukang akan mempengaruhi efisiensi proses pembangunan rumah.

Membangun Secara Bertahap
Kamu tak perlu menunggu semua uang terkumpul dulu untuk membangun rumahmu. Kamu bisa memulainya secara bertahap. Mulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan, hingga pemasangan atap dilakukan dan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Memang jadinya rumahmu akan lama terbangunnya, tapi cara ini akan memberi kamu kesempatan untuk lebih fokus pada setiap tahapnya. Dana yang kamu keluarkan pun dapat lebih terkendali dan mudah dipantau.

Baca juga: Kalau Budget Minim, Coba Bangun Rumah Menyerupai Kubus Ini!

Gunakan Material Lokal
Bahan bangunan berkualitas tak harus mahal atau pun produksi luar negeri. Supaya bisa irit, kamu bisa menggunakan bahan bangunan lokal. Selain mudah ditemukan, jenis bahan bangunan lokal juga lebih murah harganya.

Bikin Ruangan Multifungsi
Rumah yang punya banyak ruangan cenderung memakan biaya lebih mahal. Solusinya, buatlah ruangan multifungsi, semisal ruang tamu yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, dapur disatukan dengan ruang makan.


Sumber: rumah123.com
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
1 Komentar :
  • Terapi Ruqyah Rumah Sehat
    Terapi Ruqyah Rumah Sehat November 01, 2019

    Boleh tuh buat yang anggaran mepet

Tambahkan Komentar
Comment url