Turki, Qatar menandatangani sejumlah perjanjian untuk mempererat hubungan selama kunjungan Emir Al Thani

Presiden Recep Tayyip ErdoÄŸan (kanan) bertemu dengan Sheikh Syeikh bin Hamad Al Thani (kiri) Qatar selama pertemuan keempat Komite Strategis Tinggi Turki-Qatar di Istanbul, Senin.

(Dayily Sabah - 26 November 2018)
Presiden Recep Tayyip Erdoğan (kanan) bertemu dengan Sheikh Syeikh bin Hamad Al Thani (kiri) Qatar selama pertemuan keempat Komite Strategis Tinggi Turki-Qatar di Istanbul, Senin.
Presiden Recep Tayyip Erdoğan (kanan) bertemu dengan Sheikh Syeikh bin Hamad Al Thani (kiri) Qatar selama pertemuan keempat Komite Strategis Tinggi Turki-Qatar di Istanbul, Senin.
Merayakan 45 tahun hubungan, Turki dan Qatar sekali lagi menekankan komitmen bersama untuk upaya mereka untuk lebih memperluas hubungan di semua tingkatan, politik dan ekonomi
Dalam kerangka hubungan yang jelas antara Ankara dan Doha, pertemuan ke-4 Komite Strategis Tinggi Turki-Qatar, yang diketuai oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, diadakan Senin di Istanbul. Berbicara pada pertemuan tersebut, Presiden Erdoğan menekankan pentingnya hubungan Turki-Qatar dan mengekspresikan kontennya dengan tingkat hubungan pada saat kedua negara merayakan tahun ke-45 hubungan bilateral mereka. Erdoğan menekankan bahwa Turki dan Qatar adalah teman satu sama lain selama "hari-hari sulit."

Teman-teman di masa-masa buruk serta saat-saat yang baik, Turki dan Qatar, telah mengembangkan hubungan mereka dengan cepat di berbagai bidang selama beberapa tahun terakhir. Hubungan strategis di tingkat ekonomi, politik dan militer serta kunjungan bilateral intensif di semua tingkatan telah menambah dorongan besar bagi hubungan bilateral.


"Bangsa Turki telah melakukan upaya intens untuk menggagalkan blokade dan sanksi terhadap saudara-saudara Qatar. Qatar adalah salah satu negara yang memberikan dukungan terkuat untuk negara kita di arena internasional setelah upaya kudeta pengkhianatan 15 Juli. Dalam beberapa bulan terakhir, berdiri di hadapan kami dalam menghadapi inisiatif spekulatif yang menargetkan ekonomi kami. Saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih khusus sekali lagi kepada teman setia kami, Qatar, dan orang-orangnya atas dukungan dan solidaritas mereka, "katanya.

Mengacu pada pertemuan dengan Qatar Emirat Al Thani, Erdoğan menekankan bahwa kedua belah pihak telah menyatakan keinginan kuat mereka untuk lebih memperdalam hubungan bilateral.

Pertemuan itu dianggap penting karena kedua negara ingin mencapai berbagai tujuan di banyak sektor.

Pertemuan tersebut membahas peluang untuk lebih mengembangkan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang, dan bertukar pandangan tentang isu-isu regional.

Sejumlah perjanjian tentang transportasi, perdagangan dan ekonomi ditandatangani antara kedua negara selama pertemuan. Dalam banyak kesempatan, Ankara dan Doha telah menunjukkan bahwa mereka adalah mitra yang bertukar dukungan materi dan moral dan memiliki koordinasi yang erat selama masa-masa sulit.

Hubungan persaudaraan antara dua sekutu mendapatkan momentum yang signifikan, terutama setelah dimulainya krisis Teluk dan upaya kudeta yang gagal di musim panas 2016, di mana Turki dan Qatar saling mendukung dengan kuat.

Pada Juni 2017, beberapa negara Arab, yang dipimpin oleh Arab Saudi, secara tiba-tiba memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dan memberlakukan blokade di negara Teluk kecil itu, menuduh negara itu mendukung terorisme. Pemerintah Qatar membantah tuduhan itu, meledakkan blokade sebagai tidak adil dan melanggar hukum internasional.

Di tengah keretakan, Turki memberikan peningkatan dukungan kepada Qatar, meningkatkan makanan dan ekspor lainnya untuk memenuhi kekurangan. Perdagangan antara kedua negara mengalami peningkatan yang signifikan dalam periode tersebut, sementara kedua negara juga menyetujui berbagai proyek untuk periode mendatang.

Sementara itu, Qatar Al Thani mengunjungi Ankara pada bulan Agustus dalam bentuk dukungan nyata bagi Turki, menjanjikan $ 15 miliar dalam investasi langsung di negara yang menemukan dirinya terlibat dalam krisis dengan AS.

Hanya beberapa hari setelah pertemuan antara para pemimpin kedua negara, Qatar dan bank-bank sentral Turki menandatangani perjanjian swap mata uang untuk menyediakan likuiditas dan dukungan untuk stabilitas keuangan.

Tujuan inti dari perjanjian itu adalah untuk memfasilitasi perdagangan bilateral dalam mata uang lokal masing-masing dan mendukung stabilitas keuangan kedua negara. Perjanjian swap ditandatangani atas lira Turki dan riyal Qatar dan ditutup dengan batas keseluruhan $ 3 miliar.

Di sisi lain, tahun ini pada awal September, Menteri Perdagangan Ruhsar Pekcan dan Menteri Ekonomi dan Perdagangan Qatar Ahmed bin Jassim bin Mohammed Al Thani menandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi dan Perdagangan, yang menargetkan liberalisasi perdagangan barang dan jasa yang komprehensif antara kedua negara. .

Perjanjian, yang juga termasuk telekomunikasi dan jasa keuangan, akan memberikan terobosan serius dalam mengurangi defisit transaksi berjalan Turki dan menarik modal Qatar ke negara itu. Diharapkan untuk mengurangi biaya dalam produksi melalui pasokan lebih murah dari produk minyak olahan dan gas alam.

Ekspor Turki ke Qatar hampir dua kali lipat dalam delapan bulan pertama tahun ini, menurut data Asosiasi Eksportir Aegean (EİB). Ekspor ke Qatar telah meningkat 93 persen tahun-ke-tahun dari Januari hingga Agustus - mencapai total $ 636 juta dari $ 330 juta pada periode yang sama tahun lalu.

Selanjutnya, kontraktor Turki telah melakukan 137 proyek di Qatar hingga saat ini, dengan total $ 14,8 miliar. Di sisi lain, investasi Qatar di Turki telah mencapai lebih dari $ 20 miliar hingga saat ini.

Komite Strategis Tertinggi antara kedua negara didirikan pada tahun 2014 sebagai mekanisme bilateral untuk dialog tingkat tinggi dan kerja sama. Pertemuan pertama komite diadakan di Doha pada bulan Desember 2015, sedangkan yang kedua berlangsung di Trabzon pada bulan Desember 2016 di bawah pimpinan kedua pemimpin. Pertemuan ketiga berlangsung di Doha pada November tahun lalu. Selama pertemuan tersebut, berbagai perjanjian, protokol dan nota kesepahaman telah ditandatangani, semakin memperkuat hubungan Turki dengan Qatar.

Kedua negara melihat sekitar 40 perjanjian yang ditandatangani sebagai hasil dari pertemuan tersebut.

Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Dunia Islam